TUGAS
PSIKOLOGI
MANAJEMEN
Disusun
Oleh :
Rachma
Sisca Wardani (18514676)
3PA11
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
PSIKOLOGI
2016/2017
Job Description PT Fast Food Indonesia, Tbk
PT Fast Food Indonesia, Tbk
PT. Fast Food Indonesia,
Tbk didirikan pada tahun 1978 oleh kelompok usaha Gelael sebagai pemegang hak
ekslusif usaha waralaba Kentucky Fried Chicken di Indonesia yang berkantor
pusat di Jl. MT. Haryono No. Kav 7, Jakarta Selatan. Restoran KFC yang pertama
dibuka pada tanggal 18 Oktober 1979 di jalan Melawai, Jakarta. Keberhasilan KFC
pertama ini segera diikuti dengan pembukaan berbagai outlet-outlet lainnya di
berbagai kota besar lainnya di Indonesia.
Struktur Organisasi Perusahaan
Job Descriptions
v General Manager
Fungsi
utama General Manager adalah mengkoordinir seluruh kegiatan para manager untuk
mencapai tujuan perusahaan.
Tugasnya adalah
menyerahkan beberapa wewenang dan tanggung jawab kepada bawahannya, serta
mengatur prosedur dan tata tertib pekerjaan yang dibawahinya.
v General Manager Marketing
Tanggung
jawabnya adalah melaksanakan kegiatan pemasaran outlet-outlet Kentucky Fried
Chicken yang bertujuan untuk memperkokoh keberadaan outlet itu sendiri sebagai
rumah makan siap saji yang paling sering dikunjungi dari pada rumah makan
sejenisnya.
Tugasnya
adalah melakukan promosi secara regional maupun nasional melalui berbagai
media, menentukan tema promosi yang akan dilakukan, mengadakan perluasan
jaringan, serta memperkenalkan produk-produk baru yang disesuaikan dengan cita
rasa masyarakat Indonesia.
v General Manager HR & GA
Tanggung
jawab Human Resource adalah mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia, dalam hal
ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan
pengembangan kualitas sumber daya manusia; membuat sistem HR yang efektif dan
efisien; bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan; melakukan
seleksi, promosi, transferring, dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu;
melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan
dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan, dan pengetahuan
karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan; bertanggung jawab pada hal yang
berhubungan denagn absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus, dan tunjangan;
membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak
kerja; melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan
atau kebijakan perusahaan.
Tanggung
jawab General Affairs adalah bertindak sebagai koordinator kehidupan rumah
tangga perusahaan serta sarana-sarana pendukungnya, merencanakan dan menetapkan
kebijaksanaan di bidang kepegawaian seperti pengadaan, pelatihan, promosi
jabatan serta pengawasan personil.
v General Manager Operation
Tugasnya
adalah merencanakan dan menetapkan target penjualan perusahaan; mengembangkan
SDM, sistem, prosedur dan sebagainya; mengontrol seluruh biaya operasional;
merencanakan visi, misi serta strategi untuk mencapai tujuan perusahaan;
mengontrol jalannya operasional seluruh restoran; mengawasi dan mengontrol
departemen – departemen yang dibawahinya; melakukan pengorganisasian wewenang
atas perencanaan yang telah dibuat selama tahun berjalan; serta menetapkan
anggaran setiap departemen.
v General Manager Business Development
Business
Development bertanggung jawab dalam merencanakan Business Plan perusahaan;
merencanakan pengembangan restoran; mengembangkan SDM, produk, marketing dan
sebagainya; merencanakan visi, misi serta strategi untuk mencapai tujuan
perusahaan; mengontrol anggaran setiap departemen; mengawasi dan mengontrol
biaya setiap departemen; mengawasi dan mengontrol departemen – departemen yang
dibawahinya.
v General Manager Finance and Administration
Tanggung
jawab Finance and Administrations adalah menyusun rencana kerja dan anggaran
pendapatan pengeluaran perusahaan; melakukan pencatatan atas transaksi yang
terjadi pada perusahaan; menyusun laporan keuangan konsolidasi atas transaksi
yang terjadi di setiap restoran; mengkoordinir dan mengawasi kegiatan
administrasi perusahaan; mengkoordinir setiap departemen yang ada di bawahnya;
mengendalikan pendapatan dan pengeluaran perusahaan; mengawasi dan mengontrol
departemen – departemen yang dibawahinya.
Finance &
Administrations terdiri dari :
1. Finance Planning and Control Manager
Bertanggung
jawab merencanakan penggunaan dana bagi operasional perusahaan sekaligus
mengadakan pengawasan atas penggunaan anggaran.
Tugasnya adalah mencatat
semua pengalokasian anggaran yang akan dipergunakan oleh setiap departemen
serta melakukan pengawasan atas penggunaan dana yang telah dialokasikan ke
masing-masing departemen.
2. Compensation and Benefit Manager
Tugasnya adalah membantu
Finance Planning and Control Department dalam menetapkan dan mengawasi
pemberian kompensasi, baik kepada staff dan karyawan PT. Fast Food Indonesia,
maupun kepada mitra atau partner termasuk para pemasok PT. Fast Food Indonesia,
serta mengurus masalah pembayaran royalty maupun franchise kepada franchisor
Kentucky Fried Chicken dalam hal ini Pepsi Cola Overseas Ltd.
3. Tax, Insurance, and Collection Manager
Tugasnya adalah membantu
Finance Planning and Control Department dalam menghitung besarnya pajak hasil
penjualan maupun pajak lain dari PT. Fast Food Indonesia yang harus disetorkan
kepada negara, serta mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan asuransi
atas asset PT. Fast Food Indonesia, yang meliputi pengurusan premi asuransi,
jatuh tempo, dan lain-lain hingga pada suatu saat klaim asuransi dalam
terealisasi.
4. Finance and Accounting Manager
Bertugas mencatat semua
pemasukan dan pengeluaran dalam perusahaan, membuat laporan atas penerimaan dan
pengeluaran uang perusahaan, mengkoordinir penerimaan dan pengeluaran,
mendistribusikan pengeluaran ke bagian yang membutuhkan termasuk gaji para
karyawan, memeriksa keuangan dan biaya-biaya perusahaan, melakukan pengawasan
atas penggunaan uang untuk biaya operasional perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar